Selasa, 06 Desember 2011

Membuat Flashdisk Bootable Untuk Installasi OS

 Installasi windows XP / Vista dengan flashdisk

Saya membuat tutorial ini buat anda yang masih bingung mau menginstal System Operasi di sebuah Komputer/Laptop/Netbook yang tidak ada CD Room/RW ya. Sebenernya sudah lama saya pingin ngeblog tapi ga sempat aja, dan males factor lainnya. Saya yakin sudah banyak orang yang posting masalah ini tapi ga papalah yang penting bias berbagi….. langsung ajalah start…

Namun untuk melakukannya, kita tidak bisa cuma menaruh file dari CD installer Windows ke flash disk. Kita harus membuat flashdisk tersebut dikenali sebagai bootdisk terlebih dulu. Satu hal yang paling penting adalah BIOS di Laptop/Netbook/PC yang akan kita install harus mendukung booting melalui flash disk. Sebenarnya nyaris semua produk baru sudah mendukung hal tersebut, namun kami sarankan Anda cek BIOS PC Anda terlebih dulu.
Jika memang bisa, berikut ini adalah daftar kelengkapan yang anda butuhkan :
1.      Sebuah PC dengan CD-Rom(untuk melakukan proses persiapan dan transfer file)
2.      CD installer Windows XP atau Vista
3.      Aplikasi Pendukung Berupa(Ketiga software ini bisa anda download di www.google.com )
·         USB_prep8
·         PetoUsb
·         Bootsect.exe
4.      Flash disk dengan kapasitas minimal 1Gb.
5.      Berdoa.
Langkah – langkah install windows XP dan Vista di Flashdisk:
1.      Pasang USB Flashdisk ke PC/Laptop/Netbook yang akan di gunakan untuk kemudian extract ketiga file    tersebut ke tempat yang lebih mudah dicari dan diaccess misalkan di Desktop.
2.      Move file PetoUSB.exe ke dalam folder Usb_Prep8.
3. Buka folder Usb_prep8 kemudian cari file Usb_prep8.cmd kemudian execusi file tersebut sehingga muncul gambar:


Lalu tekan enter atau tekan sembarang tombol keyboard.
4. Akan muncul gambar seperti dibawah ini.






Kalau pada kolom destination drive tidak muncul drive flashdisk kita klik refresh dan biarkan semua settingan seperti itu. Kemudian kasih nama pada drive label kita Winxp atau terserah anda. Lalu klik start untuk memulai memformat flashdisk kita. Tunggu sampai selesai memformat.


5.  Jangan keluarkan jendela PetoUsb tersebut, bukalah comand promf(CMD) caranya klik start – run – ketik cmd lalu enter akan muncul jendela baru command promf. Lalu cari folder bootsect tadi dengan command promf dg mengetikkan perintah {cd desktop lalu ketik lagi cd bootsect lalu ketik lagi “bootsect.exe /nt52 U:” tanpa tanda petik U = drive flashdisk yang akan dibuat} hasilnya kalau berhasil akan seperti gambar dibawah ini:


Kalau berhasil aka nada tulisan Succesfully update FAT Filesystem bootcode.

6. Close jendela PetoUsb dan comand promf tadi akan tampil seperti digambar:



Masukkan CD installan XP/Vista kedalam CD Room setelah CD ya sudah terbaca ketik 1 terus pilih drive cd room seperti digambar dibawah ini lalu klik OK:


Catatan: kalau tidak punya cd installasi bisa menggunakan file iso (cd installasi yang sudah di buat dalam format ISO). Untuk membukanya anda perlu menggunakan virtual Drive cd room seperti Daemon, Alcohol dll.




7.     Ketik angka 2 lagi untuk memilih Virtual drive (pilih drive yang tidak terpakai misal drive di computer anda C,D,E,F ketikkan huruf yang tidak ada miasal  G) setelah anda mengetikkan huruf tekan enter.
8.      Ketik angka 3 untuk memilih drive tujuan kita / drive flash disk kita misal flashdisk kita di drive F maka ketik F lalu tekan enter.
9.      ketik 4 untuk langkah terakhir lalu akan muncul pilihan yes/no pilih saja yes.




Lalu ada piliha lagi proceed with format Y/N: (pilih Y) untuk melakukan pemformatan. Lalu akan muncul press any key to continue maksutnya tekan sembarang tombol keyboard untuk melanjutkan proses. Ditengh tengah proses ada pemberitahuan lagi seperti gambar dibawah ini:



Pilih yes untuk melanjutkan sampai selesai dan pilih no untuk membatalkan proses. Dantunggu sampai selesai 


10.   Langkah terakhir untuk melakukan prosses penginstallan masuk ke BIOS lalu pilih first boot dengan flashdisk lalu simpan dengan menekan F10. Lalu restart computer lalu pilih no 1 untuk memulai prosses penginstallan.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar